Alat Musik Tifa, Kesenian Khas Maluku Dan Juga Papua

Alat Musik Tifa dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh, bentuknya mirip dengan sekali kendang bahkan juga mirip dengan bedug yang ada di mesjid.  Instrumen ini dibuat melalui batang kayu yang diukir-ukir sehingga menjadikannya terlihat lebih indah kemudian bagian tengahnya dihilangkan sehingga menjadi berlubang dan pada salah satu isinya diberikan penutup, dan menurut kebiasaan penutup yang digunakan untuk tifa tersebut adalah kulit rusa yang sebelumnya dikeringkan, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu pada saat ditabuh.
Alat Musik Tifa merupakan alat musik yang menjadi khas Indonesia bagian timur terutama Papua dan Juga Maluku.  Hampir semua suku yang ada di papua dan juga maluku memiliki tifa yang memiliki ciri khas masing-masing.   Tifa memeliki berbagai macam jenis diantaranya adalah Tifa Dasar, Tifa Jekir, Tifa Jekir Potong, Tifa Potong, dan juga Tifa Bas.
Di Maluku tifa memiliki nama lain ada yang diberi nama tahito atau juga disebut tihal dan alat musik ini biasa digunakan di Wilayah Maluku Tengah.  Untuk mereka yang berada di pulau Aru, mereka menyebut tifa dengan sebutan titir.  Dengan begitu banyak jenis tifa, yang menjadikannya berbeda untuk setiap daerah asalnya adalah kerangkanya dan juga bentuknya.
Tifa biasa dimainkan saat sedang mengiringi tarian-tarian seperti tari gatsi, tari perang, tari-tarian suku asmat dan juga tari-tarian tradisional lainnya.  Hal tersebut biasanya dipentaskan pada saat mengadakan upacara-upacara adat dan juga upacara penting lainnya.

Gambar Alat Musik Tifa

Berikut ini gambar-gambar tifa sesuai dengan daerah asalnya, yakni:
Alat Musik Tifa Papua
Berasal dari Papua dengan Ciri Khasnya Yang UnikAlat Musik Tifa MalukuTifa yang berasal dari daerah maluku

Referensi Bacaan tentang Alat Musik Tifa, Kesenian Khas Maluku dan Juga Papua:

  • id.wikipedia.org/wiki/Tifa
  • siswa.univpancasila.ac.id/pesona/2010/11/01/tifa-alat-musik-khas-indonesia-bagian-timur/
  • Sumber lainnya yang relefan
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Lucky Template | Biru Lautanku
Copyright © 2011. Laut Tual - All Rights Reserved
Modificated by Lucky Biru Lautanku | Informasi Online
Proudly powered by Blogger